Rabu, 19 Januari 2011

sistem pernafasan

Sistem Pernafasan
Sistem pernafasan pada dasarnya dibentuk oleh jalan atau saluran nafas dan paru-paru beserta pembungkusnya (pleura) dan rongga dada yang melindunginya. Di dalamrongga dada terdapat juga jantung di dalamnya. Rongga dada dipisahkan dengan rongga perut olehdiafragma.




HIDUNG
Secara anatomi, hidung adalah penonjolan pada vertebrata yang mengandung nostril, yang menyaring udara untuk pernafasan. Hidung sebagai suatu istilah, dapat juga digunakan untuk menunjukkan ujung sesuatu, seperti hidung pada pesawat terbang.
TRAKEA

Trakea adalah tuba yang memiliki diameter sekitar 20-25 mm dan panjang sekitar 10-16 cm. Trakea terletak dari laring dan terbifurkasi menjadi bronkus utama pada mamalia, dan dari faring ke syring pada burung, yang merupakan jalan masuk udara menuju paru-paru.
ORGAN PARU
Paru, Organ Yin Logam Paru-paru terletak pada Shang Ciao (ruang bagian atas) yang merupakan alat utama pernafasan yang terdiri dari paru-paru kanan (ada 3 lobus) dan paru-paru kiri (ada 2 lobus).
Alat pernafasan lainnya : trakea-bronkus, bronkhiolus-bronkhiolus terminal, vestibulum (serambi), infundibulum-alveoli.  Setiap paru-paru dilapisi oleh membran serosa rangkap 2 yaitu pleura.
Dibawah pengaruh Zhong Chi (energi tengah), paru-paru berkembang kempis, menghirup dan menghembuskan udara (bernafas).  Dengan bernafas itulah paru-paru membentuk dan mengatur Chi-energi, daya hisap paru-paru dibantu

0 komentar:

Posting Komentar